• Rabu, 27 September 2023

5 Daya Tarik Wisata Batam, dari Pantai Dendang Melayu hingga Jembatan Barelang

- Sabtu, 10 Desember 2022 | 14:42 WIB
Simak lima daya tarik wisata Provinsi Kepri di Kota Batam, mulai Pantai Dendang Melayu hingga Jembatan Barelang.
Simak lima daya tarik wisata Provinsi Kepri di Kota Batam, mulai Pantai Dendang Melayu hingga Jembatan Barelang.

BATAM EKBIS - Simak lima daya tarik wisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Kota Batam berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepri Nomor 1263 Tahun 2022.

Surat keputusan gubernur ini memuat sejumlah destinasi pariwisata hingga daya tarik wisata di kabupaten dan kota di Kepri, termasuk yang ada di Kota Batam.

Berikut ulasan lima daya tarik wisata Kepri di Kota Batam sebagai bagian dari destinasi pariwisata berkelanjutan.

Baca Juga: Ini Dia 4 Hotel Legendaris di Batam yang Dulu Ramai Tamu, Kini Seperti Rumah Hantu

1. Pantai Dendang Melayu

Pantai Dendang Melayu berada di sisi kiri jalan sebelum Jembatan 1 Barelang. Pantai yang diresmikan akhir 2012 lalu itu merupakan kawasan wisata baru yang menawarkan keindahan pemandangan laut dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Ada spot foto menarik melalui menara pandang dengan latar belakang ikon Kota Batam, yakni Jembatan 1 Barelang.

Ada juga area panggung hiburan dengan beragam kuliner khas dari para pedagang. Cocok sebagai pilihan bersantai sambil menikmati pemandangan ataupun sunset yang indah.

Baca Juga: 7 Hotel Murah di Batam Harga Rp100 Ribuan Beserta Alamat dan Fasilitasnya

2. Bekas Kamp Vietnam

Kampung Vietnam berada di Pulau Galang, lokasinya tak jauh dari Pantai Melur. Kawasan ini dinamakan Kampung Vietnam karena dulunya ditempati oleh masyarakat asli Vietnam yang mengungsi saat terjadi perang saudara di Vietnam.

Saat itu Pulau Galang tidak berpenghuni dan pemerintah Indonesia mengizinkan para pengungsi Vietnam tinggal di pulau itu. Pemerintah juga memberikan bantuan sarana dan prasarana di pulau itu, seperti tempat ibadah, gedung sekolah, layanan kesehatan, hingga tempat tinggal.

Belasan tahun kemudian, tepatnya pada 1996, semua pengungsi Vietnam yang ada di kampung tersebut berangsur pulang ke negaranya dan meninggalkan jejak-jejak yang masih bisa dilihat sampai sekarang.

Di antara jejak peninggalan pengungsi Vietnam itu adalah bangkai perahu yang digunakan pengungsi Vetnam kabur dari negaranya. Kemudian vihara sebagai tempat peribadatan umat Konghucu, gereja, tempat pemakaman, hingga museum yang memamerkan barang-barang peninggalan pengungsi.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X